Ribuan Pekerja Gas Inggris Melanjutkan Aksi Mogok

Afiliasi IndustriALL Inggris, GMB, telah meluncurkan serangkaian tujuh aksi mogok satu hari untuk memprotes rencana British Gas untuk memecat dan mempekerjakan kembali serta memotong gaji dan persyaratan pekerja.

Ini mengikuti teguran lima hari awal bulan ini. Pada tanggal 20 Januari, anggota GMB di British Gas meluncurkan serangan satu hari pertama dari tujuh pemogokan satu hari atas strategi perusahaan untuk memberhentikan mereka semua dan mempekerjakan mereka kembali dengan syarat dan ketentuan yang lebih buruk. Sekitar 7.000 pekerja menjatuhkan peralatan di seluruh Inggris, saat kota-kota di seluruh negeri diterangi dengan pesan dukungan “Hentikan Kebakaran Gas Inggris”.

Sekitar 89 persen pekerja Gas Inggris memberikan suara mendukung pemogokan tersebut setelah CEO perusahaan induk Centrica, Chris O’Shea, mengancam akan memecat mereka semua jika mereka tidak “menerima” pemotongan gaji dan syarat dan ketentuan.

Justin Bowden, Sekretaris Nasional GMB, mengatakan: “Ini adalah upaya lain untuk menyampaikan kepada Tuan O’Shea bahwa staf yang menerima pemotongan sebesar ini di perusahaan yang menguntungkan adalah angan-angan yang ekstrem. Perusahaan perlu mengutamakan pelanggan dan staf dengan mengabaikan angan-angan dan menyingkirkan ‘api dan sewa’ dari meja.”

Pemogokan yang dipicu oleh perusahaan telah menyebabkan gangguan besar-besaran bagi pelanggan perusahaan, dengan perkiraan 100.000 rumah menunggu layanan di seluruh negeri.

Para pekerja akan melanjutkan pemogokan pada tanggal 22, 25, 29, 30, 31 Januari dan 1 Februari.

IndustriALL Global Union mengutuk keras rencana ‘api dan sewa kembali’ dan sikap bandelnya selama negosiasi panjang dengan serikat pekerja mengenai rencana untuk mengurangi tenaga kerja dan mengalihkan karyawan ke kontrak baru tahun lalu.

“British Gas / Centrica secara agresif berupaya untuk memotong gaji dan memperburuk syarat dan ketentuan kerja ribuan pekerja. Kami merasa tidak dapat diterima bahwa perusahaan memaksa pekerja untuk menerima kontrak kerja yang lebih buruk atau kehilangan pekerjaan, terutama di tengah pandemi yang mengerikan, ” kata sekretaris jenderal IndustriALL Valter Sanches.

“IndustriALL meminta British Gas untuk memperlakukan anggota serikat dengan rasa hormat yang pantas mereka terima, dan kembali ke meja perundingan dengan GMB untuk mencapai solusi yang adil dan adil.”

Perusahaan induk British Gas, Centrica, melaporkan laba operasi (sebelum barang dan pajak luar biasa) sebesar £ 901 juta pada 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*