PPKM Darurat, KSPI Minta Pemerintah Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk

Jakarta,KSPI- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menentang keras masuknya TKA (Tenaga Kerja Asing) ke Indonesia. Pasalnya, kedatangan TKA ini menjadi sorotan para buruh di tengah situasi PPKM darurat saat ini.

“Pemerintah harus tegas dalam melarang TKA masuk dengan alasan apapun. Orang sudah banyak negara yang menutup akses masuk dari Indonesia kok,” ujar Said dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis(15/7/2021).

Said menyebutkan, jika pemerintah membiarkan TKA masuk dalam situasi sekarang, justru akan memperparah kasus Covid-19 di Indonesia. Bahkan saat ini, dia melaporkan bahwa TKA asal Jepang memiliki kasus positif terbanyak. Dari 10 TKA asal Jepang, 3-4 orang di antaranya positif Covid-19, sehingga otoritas Jepang menarik kembali warga negaranya pulang.

“Di berita online dalam satu dua hari ramai sekali tentang orang Jepang yang pulang kembali ke negaranya. Hal ini terkonfirmasi dari 10 TKA termasuk Jepang di perusahaan Jepang terkonfirmasi 3 sampai 4 orang positif Covid-19 tinggi sekali kan, ini baru perusahaan Jepang. Bagaimana dengan perusahaan lain yang penerapan prokesnya lemah?,” cetus Said.

Dia mengatakan, masih banyak TKA di Indonesia yang tersebar bekerja mulai dari Morowali, Banjarmasin, hingga Papua. Tentunya, dengan situasi sekarang, dia menegaskan supaya pemerintah tidak boleh lepas tangan mengawasi TKA.

“Kami meminta pemerintah untuk benar-benar memperhatikan situasi tenaga kerja asing,” pungkas Said.(IDX)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*