Internasional

Pertanyakan Visi Misi Menteri Tenaga Kerja Negara G20 , Sharan Burrow : Mengecewakan

Sharan Burrow Sekretaris Jendral ITUC

Genewa,KSPI- Deklarasi Menteri yang diadopsi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan G20 pada 10 September mencakup serangkaian masalah penting karena pandemi Covid-19 mendatangkan malapetaka pada pekerjaan dan mata pencaharian, tetapi rasa urgensi yang diperlukan untuk mengatasi skala tantangan masih kurang.

Sharan Burrow, Sekretaris Jenderal ITUC, mengatakan “Kami menyambut baik referensi dalam Deklarasi tersebut untuk isu-isu prioritas seperti pekerjaan, perlindungan sosial dan keselamatan di tempat kerja. Dengan hilangnya 400 juta pekerjaan dan ratusan juta mata pencaharian ekonomi informal terkena dampak, membuat orang tetap bekerja dan berinvestasi dalam perawatan, infrastruktur, dan bidang lain sangat penting. Dan kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting untuk menyelamatkan nyawa dan menghambat penyebaran virus dengan dampak yang menghancurkan pada kesehatan dan ekonomi.”

“Para menteri juga telah berjanji untuk bekerja demi perlindungan sosial untuk semua, meskipun komitmen untuk dana perlindungan sosial global bagi yang paling rentan sayangnya tidak ada. Kebutuhan untuk memformalkan pekerjaan informal, dan mengakhiri kesalahan klasifikasi pekerja di platform dan bisnis lainnya diakui dalam Deklarasi, yang juga memberikan prioritas untuk mengamankan masa depan ekonomi kaum muda dan mencapai kesetaraan gender di tempat kerja ” Sharan menambahkan.

Pierre Habbard, Sekretaris Jenderal TUAC mengatakan: “Menteri Tenaga Kerja memperbarui dukungan mereka untuk kerja sama erat antara OECD dan ILO untuk membantu anggota G20 mengembangkan solusi pemulihan. Kedua organisasi harus terus bekerja bahu-membahu untuk mencapai tujuan itu. Ini akan membantu memperkuat lembaga pasar tenaga kerja kita, mengatasi peningkatan ketimpangan yang tidak terkendali, dan memenuhi tantangan digitalisasi. ”

Para menteri juga menegaskan kembali komitmen mereka terhadap standar dasar ILO dan Deklarasi seratus tahun ILO yang diadopsi tahun lalu, termasuk referensi khusus untuk rantai pasokan global. Rujukan pada kesehatan dan keselamatan di tempat kerja sangat relevan, dan ITUC mengharapkan pemerintah untuk mendukung langkah untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja ke status hak fundamental di ILO. Hak untuk dilindungi dari kematian dan penyakit akibat kerja haruslah sakral.

“Meskipun Deklarasi Menteri menyentuh banyak topik utama, deklarasi tersebut kurang memiliki visi dan rasa urgensi yang nyata. Menteri Tenaga Kerja dan Keuangan perlu bekerja sama untuk memastikan investasi dalam pekerjaan, perlindungan sosial, dan kesehatan dilakukan dan diberikan sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat. Ini membutuhkan kerja sama global.”

“Pemerintah perlu mengembangkan dan menerapkan kebijakan industri untuk menciptakan lapangan kerja dan menangani krisis pandemi, pemanasan global, dan ketidaksetaraan yang saling bersinggungan. Juga mengecewakan bahwa tidak ada komitmen yang jelas dan umum untuk mempertahankan dukungan pendapatan bagi mereka yang kehilangan pekerjaan karena pandemi. Kami menyerukan kepada para pemimpin G20 untuk memberikan indikasi dan komitmen yang jelas tentang investasi di bidang-bidang penting ini, dan bertanggung jawab atas komitmen tersebut, ”kata Burrow.

Comment here