//JILAF Kembali Gandeng KSPI, Gelar Seminar Perburuhan Tentang Mempromosikan Peran Tripartit Untuk Hubungan Industrial Yang Kuat

JILAF Kembali Gandeng KSPI, Gelar Seminar Perburuhan Tentang Mempromosikan Peran Tripartit Untuk Hubungan Industrial Yang Kuat

Surabaya,KSPI- Kota Pahlawan, menjadi kota yang kembali dipilih oleh salah satu yayasan buruh Internasional di Jepang yakni JILAF, dalam menyelenggarakan seminar di bidang perburuhan wilayah Jawa Timur.

Seminar yang kali ini dikemas dengan tema Promoting Tripartite Roles For The Strong Industrial Relations, atau jika di artikan dalam bahasa Indonesia berarti Mempromosikan Peran Tripartit Untuk Hubungan Industrial yang Kuat, diharapkan memberikan sebuah wawasan dan pengalaman baru bagi para peserta yang mayoritas berasal dari pekerja/buruh.

KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) selaku salah satu konfederasi serikat buruh yang selalu dipercaya dan dipilih oleh JILAF untuk bekerja sama dalam menyelenggarakan seminar ini pun turut mengirimkan beberapa anggota federasi serikat buruhnya dalam acara ini.

JILAF Kembali Gandeng KSPI, Gelar Seminar Perburuhan Tentang Mempromosikan Peran Tripartit Untuk Hubungan Industrial Yang Kuat
JILAF Kembali Gandeng KSPI, Gelar Seminar Perburuhan Tentang Mempromosikan Peran Tripartit Untuk Hubungan Industrial Yang Kuat

Beberapa diantara federasi serikat buruh yang hadir pada acara yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jl. Tegalsari – Surabaya adalah sebagai berikut :

1. FSPMI
2. FSP KEP
3. SP PPMI
4. FS ISI
5. SP PPMI
6. SPN
7. FARKES – REF
8. Guru Honorer

Perwakilan JILAF Suzuki San, dalam sambutannya saat membuka acara seminar kali ini, turut memberikan pemahaman seputar apa itu JILAF dan tujuan diadakannya kegiatan ini.

“JILAF adalah sebuah yayasan buruh yang didirikan oleh salah satu konfederasi buruh di Jepang yang bernama Rengo di tahun 1989, dan kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan sumbangan kepada pengembangan gerakan serikat buruh yang bebas dan demokratis serta pemvanguy masyarakat dan perekonomian yang sehat di negara-negara berkembang.” Ujar Suzuki, dalam bahasa Jepang.

Usai perwakilan JILAF memberikan sambutan, tak lupa ketua Perda KSPI Jatim Apin Sirait, pun memberikan ucapan selamat datang, kepada seluruh para peserta seminar kali ini.

“Selamat datang dan selamat belajar bagi seluruh peserta seminar yang diselenggarakan oleh JILAF yang bekerja sama dengan KSPI pada hari ini, semoga segala materi yang di bawakan pada kegiatan ini, bisa bermanfaat bagi para peserta di dalam lingkup perburuhan.” Ucap Apin Sirait.

Kegiatan yang rutin berjalan antara kedua belah pihak (JILAF-KSPI) selama kurun waktu 5 tahun terkahir ini semoga akan terus berkelanjutan di periode yang akan datang, mengingat kegiatan ini mampu memberikan banyak hal positif bagi para pekerja/buruh yang telah mengikuti seminar ini.(Bobby – Surabaya)

TAGS: