Disela Perjuangan Upah, Presiden KSPI Serukan Penggalangan Dana Untuk Adik Sifa

Jakarta, KSPI – Jelang aksi pengawalan dan penetapan Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/ Kota yang menguras tenaga dan pikiran tidak membuat rasa soliaritas dan kepedulian sosial buruh untuk sesama luntur. Justru sebaliknya, rasa solidaritas itu semakin menguat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI ) Said Iqbal menyerukan kepada buruh KSPI untuk melakukan penggalangan dana untuk adik Sifa Nurrahmah (3,5th), balita yang sedang berjuang melawan penyakitnya yang dalam dunia medis disebut Labio Gnato Palato Schizis.

Dalam pesan singkatnya melalui aplikasi Whatapp, Said Iqbal yang sedang
berada di Genewa Swiss dalam rangka sidang ILO Governing Body menyerukan kepada jajaran pengurus KSPI dan FSPMI untuk segera berkordinasi melakukan pengalangan dana.

“Yth Bung Riden dan bung Ramidi,tolong bikin surat instruksi DPP FSPMI dan DEN KSPI ke seluruh Indonesia untuk melakukan penggalangan dana dari anggota melalui PUK mulai hari ini sampai tgl 12 Nov buat adik Sifa. Dana bantuan di transfer ke rekening DPP FSPMI. Surat instruksi penggalangan dana ini sebarkan ke seluruh PUK mulai hari ini oleh Ocha dan Trisno serta Meilani dan Nukman. Terima kasih” demikian isi pesan singkatnya.

Seperti diberitakan sebelumnya sejumlah relawan buruh dari PUK FSCM dan Jamkeswatch DKI Jakarta sedang melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban keluarga Sifa Nurrahmah melalui penggalangan dana baik melalui lembaga sosial maupun turun langsung pada Car Free Day di Bekasi.

Apa yang dialami Sifa Nurrahmah (3,5th) sejak lahir dalam dunia medis disebut Labio Gnato Palato Schizis yaitu suatu kelainan bawaan dimana terbentuk celah pada bibir, gusi, langit-langit (palatum) yang bermanifestasi sendiri-sendiri atau bersamaan (sumbing bibir dan langit-langit. Celah bibir (bibir sumbing) adalah suatu ketidaksempurnaan pada penyambungan bibir bagian atas yang biasanya berlokaasi tepat di bawah hidung. Celah langit-langit adalah suatu saluran abnormal yang melewati langit-langit mulut dan menuju ke saluran udara di hidung. Seperti teori dari His and Drusy yang menyatakan celah bibir dan langit-langit akibat kegagalan pertemuan ujung-ujung (prominentia) di sekitar mulut saat trimester awal kehamilan.

Sifa Nurrahmah yang terlahir pada 25 Maret 2016 di Desa Kedungjati, RT. 03/01 kecamatan Bukateja, kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dalam perjalanannya sudah menjalani beberapa kali proses operasi di RS. Hasan Sadikin Bandung. Menurut pihak keluarga, tindakan medis yang diambil sat ini adalah rekonstruksi wajah secara bertahap serta akan dilanjutkan dengan rekonstruksi mata.

Bagi para pembaca yang budiman sekiranya bersedia menjadi donatur untuk meringankan beban anak Sifa dan keluarganya bisa melakukan transfer donasi ke nomor rekening 0718468678 bank BNI atas nama Desti Rahayu (ibu kandung Sifa Nurrahmah). (Jim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *