Capai Kesepakatan, Serikat Sintracarbón Akhiri Pemogokan Terlama dan Terpanjang dalam Sejarah Tambang

Serikat pekerja batubara Kolombia Sintracarbón
Serikat pekerja batubara Kolombia Sintracarbón

Sintracarbón menandatangani perjanjian dengan Cerrejón untuk mengakhiri pemogokan bersejarah

Kolombia,KSPI- Serikat Sintracarbón dan perusahaan Kolombia Cerrejón telah menandatangani perjanjian kerja bersama yang baru, memastikan bahwa pekerja mendapatkan tunjangan mereka. Perjanjian tersebut mengakhiri pemogokan terpanjang dalam sejarah tambang.

Serikat pekerja batubara Kolombia Sintracarbón, yang merupakan afiliasi dari IndustriALL Global Union, dan Cerrejón, sebuah perusahaan pertambangan yang dimiliki oleh perusahaan multinasional Glencore, BHP dan Anglo American, menandatangani perjanjian kerja bersama pada malam 30 November, yang mengakhiri sebuah sengketa yang telah berlangsung 91 hari.

Igor Díaz, presiden Sintracarbón, mengatakan “Kami telah berjuang keras melawan tiga perusahaan multinasional, yang telah mati-matian menerapkan strategi bisnis yang bertentangan dengan kepentingan pekerja mereka. Untungnya, mereka tidak berhasil, dan kesepakatan bersama kami tetap utuh. Saya ingin berterima kasih kepada IndustriALL, afiliasinya FNV, SASK, USW, IG BCE dan CUT dan semua organisasi lain yang telah menunjukkan solidaritas dan memberikan dukungan keuangan. Ini bukan perjuangan Sintracarbón saja tetapi oleh seluruh gerakan serikat – ini adalah pertunjukan nyata persatuan internasional. ”

Sintracarbón mengatakan bahwa perjanjian baru tersebut memenuhi permintaan utamanya, yaitu bahwa para pekerja mendapatkan keuntungan yang sama seperti sebelumnya. Fitur utama dari perjanjian tiga tahun tersebut adalah sebagai berikut:

  • 100 kontrak kerja akan diubah menjadi kontrak permanen
  • Upah akan disesuaikan dengan inflasi selama jangka waktu perjanjian
  • 700 tunjangan hidup akan diberikan
  • Tunjangan untuk biaya pengobatan, sekolah, pendidikan dan sebagainya akan disesuaikan dengan inflasi
  • Bonus dan liburan Natal akan terus diperlakukan sebagai upah
  • Transportasi harian di Guajira, Valledupar dan Barranquilla akan terus ditawarkan

 

Baik perusahaan dan serikat pekerja sebelumnya telah mengambil langkah-langkah untuk mencoba dan menyelesaikan perselisihan. Pertama-tama, pembicaraan diadakan antara kedua pihak selama periode 60 hari. Beberapa pertemuan kemudian berlangsung dengan Komite Konserasi Kebijakan Pengupahan dan Perburuhan (CCPSL) dan kantor ombudsman yang bertindak sebagai mediator.

Terakhir, untuk menghindari membawa sengketa ke pengadilan arbitrase di kementerian ketenagakerjaan, kedua belah pihak memilih untuk melanjutkan negosiasi mereka. Setelah enam hari, mereka menyetujui perjanjian kerja bersama yang baru.

Mereka juga setuju untuk mengadakan pembicaraan selama periode 30 hari untuk membahas poin penting lainnya: perubahan shift yang diusulkan oleh perusahaan, yang akan menghasilkan apa yang disebut oleh serikat sebagai “shift of death”. Sintracarbón mengatakan bahwa meskipun pemogokan telah berakhir, mereka akan berjuang untuk memastikan bahwa sistem shift baru tidak diterapkan, karena akan berdampak pada kesehatan pekerja dan menghapus 1.250 pekerjaan.

Asisten sekretaris jenderal IndustriALL Kemal Özkan mengatakan Dengan pemogokan 90 hari mereka, Sintracarbón dan anggotanya telah melakukan pertarungan bersejarah dan teladan. Mereka memperjuangkan martabat mereka, hak mereka dan masa depan mereka, dan mereka mencapai keadilan. Mereka harus bertepuk tangan atas pertempuran heroik mereka.

“Dipimpin oleh Sintracarbón, kami bersatu sebagai gerakan serikat pekerja global untuk mendukung kolega kami yang melakukan pemogokan di Cerrejón. Pemogokan tersebut menunjukkan bahwa solidaritas internasional adalah yang paling penting, terutama ketika begitu banyak afiliasi kami mengalami masa-masa sulit – pandemi Covid-19 telah menghantam sektor pertambangan dengan sangat keras. Terima kasih kepada semua orang yang mendukung Sintracarbón selama ini. ” Kemal Özkan menambahkan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*